Selasa, 12 Maret 2013

Analisis Tes Hasil Belajar Siswa


Untuk menentukan ketuntasan belajar siswa digunakan instrumen tes hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil kerja siswa dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan guru. Rumus untuk menghitung ketuntasan belajar siswa adalah:

Keterangan :
KB  = Ketuntasan belajar       
T     = Jumlah skor yang diperoleh siswa
Tt     = Jumlah seluruh siswa
100      = Bilangan tetap

Untuk mengetahui hasil peningkatan aktivitas belajar siswa, digunakan rumus di atas, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Guru mengumpulkan hasil pekerjaan yang telah dikerjakan siswa.
b.    Guru memberi nilai pada masing-masing hasil kerja siswa dengan cara memberi skor nilai pada lembar jawaban siswa.
c.    Lembar jawaban yang telah diberi nilai tersebut direkap dalam daftar nilai siswa dan dijumlahkan. Kemudian dikelompokan masing-masing untuk siswa yang tuntas dan tidak tuntas.
d.   Dari daftar nilai siswa tersebut akan diperoleh jumlah skor total seluruh siswa. Baik skor total yang tuntas maupun yang tidak tuntas.
e.    Berdasarkan skor total tersebut di substitusikan ke dalam rumus di atas, untuk siswa yang tuntas yaitu jumlah total seluruh nilai siswa yang tuntas dibagi dengan jumlah seluruh siswa dan dikalikan bilangan tetap 100%, begitu juga dengan siswa yang tidak tuntas. Maka akan diperoleh nilai persenan ketuntasan belajar siswa.

Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah rata-rata perolehan nilai siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM yang ditetapkan pada bidang studi Matematika kelas XI MAS AL-Munawwaroh Bangko adalah 65. Hasil belajar dikatakan berhasil apabila secara individual telah memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM, dan secara klasikal dikatakan tuntas belajar apabila lebih dari 75% siswa memperoleh nilai di atas KKM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar